Enjoy cooking
Browse through over
650,000 tasty recipes.
Home » » Cara Membuat Roux

Cara Membuat Roux

Written By Unknown on Tuesday, August 25, 2015 | 5:25 PM


Roux adalah campuran antara tepung dan lemak yang dimasak bersama. Anda bisa menggunakan tetesan lemak (seperti dari daging), mentega, margarin, atau jenis lemak lainnya untuk membuatnya. Roux bisa digunakan sebagai bahan dasar dan pengental untuk gumbo serta sup lainnya yang kental dan kaya rasa. Baca selanjutnya untuk mengetahui cara membuat roux.
Iklan

Bahan

  • 1 cangkir tepung
  • 1 cangkir lemak (tetesan lemak dari daging atau ayam, mentega, margarin, atau minyak)

Metode 1 dari 2: Membuat Roux

  1. Make a Roux Step 1 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    1
    Pilih lemak yang ingin Anda gunakan. Lemak yang Anda gunakan untuk membuat roux akan sangat memengaruhi cita rasa roux yang dihasilkan. Menggunakan lemak dari daging babi akan menghasilkan pengental dasar yang asin dan bercita rasa asap untuk hidangan yang akan Anda buat. Mentega akan menambah kekayaan masakan, sementara margarin dan jenis minyak lainnya cenderung menciptakan cita rasa yang lebih ringan. Gunakan jenis lemak yang direkomendasikan dalam resep yang Anda gunakan, atau jika itu tidak ditentukan, pertimbangkan pilihan ini:
    • Gunakan tetesan lemak daging babi untuk membuat roux yang akan Anda gunakan untuk gumbo atau hidangan lain yang akan memiliki bahan yang diasap seperti sosis.
    • Gunakan mentega untuk membuat roux yang akan Anda gunakan untuk sup kental, seperti chowder. Ini juga merupakan pilihan yang baik jika Anda ingin membuat roux untuk makaroni dan keju.
    • Margarin bisa menjadi dasar roux yang bagus untuk hidangan gratin yang ringan, karena hidangan tersebut tidak memiliki rasa yang terlalu kuat.
    Iklan
  2. Make a Roux Step 2 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    2
    Panaskan lemak dalam wajan. Gunakan wajan besi cor (iron cast) atau wajan berat lainnya. Tempatkan wajan di atas api sedang dan masukkan lemak. Panaskan lemak sampai meleleh. Jika Anda menggunakan minyak, panaskan selama hampir 2 menit.[1]
  3. Make a Roux Step 3 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    3
    Tambahkan tepung. Masukkan tepung ke wajan berisi lemak. Gunakan whisker untuk mengaduk campuran secara kontinyu. Gunakan whisker untuk memecah setiap gumpalan tepung dan mencampurnya secara merata bersama lemak yang telah meleleh.
    • Jika Anda ingin roux yang lebih kental, tambahkan lagi 1/4 cangkir tepung.
    • Untuk roux yang lebih encer atau cair, kurangi jumlah tepung sebanyak 1/4 cangkir.
  4. Make a Roux Step 4 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    4
    Masak roux. Lanjutkan mengaduk roux terus-menerus selagi dimasak. Campuran akan mulai menjadi lebih encer dan gelap setelah beberapa menit. Lanjutkan memasak sampai roux memiliki warna dan kekentalan yang Anda butuhkan untuk masakan Anda.
    • Beberapa resep masakan membutuhkan roux dengan warna pirang. Untuk rouxpirang, campuran roux akan berubah warna menjadi warna keemasan ringan dan juga memiliki cita rasa yang ringan. Roux ini biasanya matang setelah sekitar 8 menit.
    • Anda mungkin melihat resep yang membutuhkan roux yang gelap, atau disebut juga roux coklat. Untuk membuatnya dibutuhkan waktu sekitar 60 menit agar mencapai warna yang diinginkan. Beberapa orang menganggap lebih mudah untuk memulai roux di atas kompor lalu menyelesaikan memasaknya di oven yang dipanaskan sampai 325 derajat Fahrenheit.[2]
  5. Make a Roux Step 5 Version 3.jpg
    - Menonton Video Pendek
    5
    Angkat roux dari kompor atau oven. Setelah roux mencapai warna dan tekstur yang Anda inginkan, angkat roux dari panas. Sekarang roux siap untuk Anda gunakan dalam resep hidangan yang akan Anda buat.
  6. Make a Roux Step 6 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    6
    Simpan roux. Jika Anda ingin menggunakan roux untuk nanti, tempatkan rouxdalam wadah tertutup dan simpan di kulkas. Roux akan mengeras karena dingin, namun akan mencair saat Anda memanaskannya. Anda bisa mengambil roux setiap kali sebanyak yang Anda butuhkan untuk tiap resep.
    Iklan

Metode 2 dari 2: Menggunakan Roux

  1. Make a Roux Step 7 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    1
    Gunakan roux untuk membuat gumbo. Roux adalah bahan penting dalam kuliner orang Cajun. Gumbo, yang merupangan hidangan klasik khas Cajun, seringkali dikentalkan dengan roux pirang atau gelap, tergantung resep. Buatlah rouxdan tambahkan bahan-bahan seperti okra, paprika, sosis, ayam, udang, dan kaldu ayam untuk menciptakan hidangan yang lezat
  2. Make a Roux Step 8 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    2
    Gunakan roux untuk membuat gratin. Hidangan gratin seperti gratin kentang, kembang kol atau tomat memiliki saus yang kental dan lembut dan rasa keju yang dibuat dari roux pirang. Roux diencerkan dengan susu lalu dituangkan di atas sayuran dan diberi banyak keju di atasnya.
  3. Make a Roux Step 9 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    3
    Gunakan roux untuk membuat makaroni dan keju. Membuat makaroni dan keju dari awal adalah semudah membuat roux, mengencerkannya dengan susu, menuangkannya di atas pasta yang telah dimasak lalu menambahkan campuran keju di atasnya. Mudah kan?.
  4. Make a Roux Step 10 Version 2.jpg
    - Menonton Video Pendek
    4
    Gunakan roux untuk membuat saus bechamel. Saus asal Prancis ini adalah bahan dasar dari banyak hidangan pasta.
  5. Make a Roux Step 11.jpg
    - Menonton Video Pendek
    5
    Selesai.
    Iklan

Tips

  • Roux biasanya cukup hambar. Semakin gelap roux semakin terasa berasap.
  • Jika Anda melihat titik atau gumpalan hitam di roux, itu berarti roux gosong. Anda mungkin ingin mulai membuatnya lagi dari awal. Roux yang gosong mungkin terasa agak aneh.
  • Jika roux mulai berasap, itu tandanya roux terbakar. Anda akan melihat perubahan konsistensi atau kekentalannya segera setelah roux mulai terbaka, karena roux akan mulai mengental dan mengeras sangat cepat dan akan mulai lengket pada wajan. Jangan memasak roux hingga melewati warna coklat gelap.
  • Jika sup atau saus Anda tampak terlalu kental, tambahkan beberapa cangkir air matang atau air kaldu untuk mengencerkannya.
Iklan

Peringatan

  • Berhati-hatilah untuk terkena roux panas. Roux panas akan meninggalkan luka bakar level 3, dan akan tetap menempel sampai itu dingin.
  • Jika Anda menggunakan wajan antilengket, jangan gunakan alat logam untuk mengaduk roux. Itu akan menggores lapisan antilengket dan merusak wajan Anda.

Hal yang Anda Butuhkan

  • Sendok kayu atau kocokan logam
  • Wajan besi cor atau wajan baja
SHARE

About Unknown

0 comments :

Post a Comment